PARI Research Grant

Untuk melihat Pedoman PARI Research Grant silahkan klik DI SINI

Untuk Melakukan pendaftaran klik DAFTAR

PEDOMAN SKEMA PARI RESEARCH GRANT

1  Pendahuluan

Skema PARI Research Grant dimaksudkan sebagai kegiatan hibah dana penelitian PARI Pusat dalam rangka   membina   dan   mengarahkan   para radiografer   untuk   meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya pada  jurnal ilmiah.

Skema ini juga memfasilitasi para radiografer untuk memperoleh point SKP publikasi hasil penelitian yang diperlukan untuk perolehan jabatan fungsional.   Selain untuk membina kemampuan meneliti, skema ini juga diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi radiografer untuk mempublikasikan hasil penelitiannya  dalam jurnal ilmiah  baik nasional  dan internasional.

2  Tujuan Penelitian

Tujuan PARI Research Grant sebagai berikut:

a. Untuk membina dan meningkatkan kemampuan meneliti bagi radiografer;

b. Menjadi sarana latihan bagi radiografer untuk mempublikasikan  hasil  penelitiannya  dalam  jurnal  ilmiah  baik nasional  dan internasional;

3  Luaran Penelitian

Luaran PARI Research Grant dapat berupa :

a.  Publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional ber ISSN (minimal JRI) / internasional; atau

b. Prosiding  seminar  nasional/internasional; atau

c.  Teknologi tepat guna yang dilindungi oleh HKI (Hak Cipta).

4  Kriteria Penelitian

Kriteria PARI Research Grant mengikuti ketentuan berikut:

a.  Pembiayaan sebesar @ Rp. 7.500.000,00 yang diberikan dalam 2 (dua) termin.

b. Jangka waktu penelitian satu tahun;

5  Persyaratan Pengusul

Persyaratan pengusul PARI Research Grant dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Terdaftar sebagai anggota pari dan teregristrasi pada SIAP PARI;
  2. Satu tim terdiri dari 3 orang radiografer dengan susunan minimal terdapat 2 orang radiografer di fasilitas pelayanan kesehatan;
  3. Pengusul  hanya  boleh  mendapatkan  skema  PARI Research Grant sebanyak  satu  kali sebagai ketua atau anggota di tahun yang sama.

6  Sumber Dana Penelitian

Sumber dana skema PARI Research Grant berasal dari PP PARI.

7  Sistematika Usulan Penelitian

Usulan Skema PARI Research Grant maksimum berjumlah 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan Times New  Roman  ukuran  12  dengan  jarak  baris  1,5  spasi  kecuali  ringkasan  satu  spasi ukuran  kertas  A-4  serta mengikuti  sistematika dengan urutan sebagai berikut.

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 3.1)

HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 3.2) IDENTITAS DAN URAIAN UMUM (Lampiran 3.3) DAFTAR ISI

RINGKASAN (maksimum satu halaman)

Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara  cermat  dan  singkat  tentang  rencana  kegiatan  yang  diusulkan.

BAB I : PENDAHULUAN

Uraikan  latar  belakang  dan  permasalahan   yang  akan  diteliti,  tujuan  dan  manfaat penelitian. Perlu dikemukakan teori, konsep atau hasil penelitian yang telah ada yang melandasi perlunya penelitian untuk dilaksanakan. Masalah yang akan diteliti harus dirumuskan secara jelas disertai dengan pendekatan dan konsep untuk menjawab permasalahan,  pengujian  hipotesis  (apabila  ada)  atau  dugaan  yang  akan  dibuktikan. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Dijelaskan manfaat/urgensi penelitian.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Uraikan  secara  jelas  kajian  pustaka  yang  melandasi  timbulnya  gagasan dan permasalahan yang akan diteliti dengan menguraikan teori, konsep dan hasil penelitian yang relevan   untuk   dijadikan   alasan perlunya penelitian dilakukan. Literatur yang digunakan dapat berupa text atau elektronik dengan memperhatikan aspek kemutakhiran dan reputasi penerbit. Buku yang digunakan maksimum 10 tahun terakhir serta menggunakan artikel pada jurnal ilmiah yang relevan dan terkini (tidak lebih 10 tahun terakhir).

BAB III : METODE PENELITIAN

Uraikan  secara  rinci  metode  yang akan digunakan  meliputi  tahapan  penelitian  dan bagan alir, rancangan penelitian, desain penelitian, model yang digunakan, perubahan yang diamati/diukur,  lokasi  penelitian,     jumlah  sampel  dan  teknik  penarikan  sampel serta teknik pengumpulan dan analisis data.     Untuk penelitian     yang     menggunakan metode kualitatif   perlu dijelaskan pendekatan yang digunakan,   proses   pengumpulan dan  analisis informasi, serta penafsiran dan penarikan kesimpulan penelitian.

BAB IV : LUARAN DAN TARGET CAPAIAN Rencanakan luaran sebagai produk dari kegiatan penelitian. Luaran hendaknya jelas dan operasional. Luaran memiliki target waktu capaian.