Konferensi Radiografer tingkat ASIA dan Australasia ke 21 (AACRT) Hong Kong 23-25 Juni 2017

Ketua Umum PARI, beserta Ketua Pengda PARI Jateng dan Bali menghadiri Konferensi
Radiografer tingkat ASIA dan Australasia ke 21 (AACRT) Hong Kong 23-25 Juni 2017

Ketua Umum PARI, beserta Ketua Pengda PARI Jateng dan Bali menghadiri Konferensi Radiografer tingkat ASIA dan Australasia ke 21 (AACRT) Hong Kong 23-25 Juni 2017 Selama 3 hari dari tanggal 23 Juni hingga 25 Juni 2017 lalu Ketua Umum Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI), Bapak Sugiyanto SPd. M.App.Sc bersama Ketua Pengda PARI Jateng Bapak Edi Susanto S.Si M.H.Kes dan Ketua Pengda PARI Bali I Putu Adi Susanta S.Si berkesempatan menghadiri konferensi radiografer tingkat Asia dan Australasia, Asia- Australasia Conference of Radiologic Technologist (AACRT) di Hong Kong. Konferensi ini diadakan bersamaan dengan simposium radioterapi ke-5, the 5th Asia Radiotheraphy Symposium (ARTS) dan Konferensi radiografer dan radioterapist ke 3, 3rd Hong Kong Radiographers and Radiation Therapist Conference (HKRRTC). Acara ini disusun dengan kolaborasi bersama beberapa organisasi profesi di Hong Kong antara lain, Hong Kong College of Radiographers and Radiation Therapist (HKCRRT), Hong Kong Radiographers Association (HKRA), dan Hong Kong Association of Radiation Therapist (HKART).

Tema konferensi ini adalah “Meeting Challanges in Evolving Profession” yang maknanya kurang lebih Hadapi Tantangan dalam Perkembangan Profesi. Sebuah topik umum namun memiliki sejarah yang tinggi dalam sejarah profesi radiografer. Melalui tema ini Panitia penyelenggara beserta seluruh pembicara dan peserta ingin memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk meramalkan tantangan profesi ini kedepan. Selama persiapan dan berlangsungnya acara, panitia telah menerima lebih dari 100 kiriman paper ilmiah baik oral maupun poster dengan lebih dari 30 pembicaraan profesional Radiografer dan Radiologi Teknolog lokal dan luar negeri.

Adapun pembicara profesional yang menjadi pembicara kunci merupakan pembicara terkemuka yang memiliki pengaruh serta inspirasi bagi radiografer yang banyak memberikan wawasan tentang berbagai peran radiografer dan pengembangannya radiografi.

Pembicara kunci pertama adalah Dr. Lilian Leong yang merupakan pencetus dan presiden pertama dari Hong Kong Collage of Radiologist. Dr Leong juga merupakan presiden perhimpunan radiology asia dan oceania Pandangan dan pengetahuan Dr Leong telah dikenal oleh kolega dan sejawat baik lokal maun luar negeri. Kontribusi Dr Leong telah dikenal oleh banyak organisasi radiologi ternama seperti ACR, ECR, RSNA. Pembicara kedua adalah Mr Philippe Gerson yang merupakan Wakil Presiden ISRRT untuk daerah Eropa dan Afrika. Saat ini Mr Gerson bertugas di manajer bagian radiologi di Hospital Hotel Dieu of Paris. Mr. Gerson banyak memberi kontribusi dalam peningkatkan pelayanan radiologi di daerah afrika dan memiliki pengalaman yang luar biasa dalam penanganan bencana sipil, khususnya serangan teroris. Dalam presentasinya Mr Gerson berbagi tentang peran radiografer dalam situasi bencana sipil dan pengalaman penanggulangan pasca bencana teroris di Perancis Pembicara utama ke 3 adalah Mr Kenton Thompson yang merupakan Manajer lapangan Pusat Kanker terintgrasi di Australia Icon Integrate Cancer Centre of North Lake in Australia. Mr. Thompson membagi banyak pengalaman dalam pengaturan radioterapi dan pengetahuan tentang perencanaan dan aplikasi klinisnya. AACRT ini merupakan bentuk pertemuan ilmiah tingkat Asia dan Australasia dan Internasional dimana para ahli dan pemangku kepentingan saling bertukar pengetahuan dan kerja sama di Teknologi Radiologi dan berbagai topik yang berbeda.

Peserta Konferensi ini berasal dari akademisi, lembaga penelitian, organisasi profesi dan tenaga medis, sentra pelayanan kesehatan dan produsen alat-alat kesehatan. Konferensi ini berisi ceramah, sidang pleno, lokakarya serta presentasi poster yang efektif merangsang interaksi antar peserta. Dalam konferensi ini diadakan juga pertemuan anggota AACRT yang dihadiri oleh president society of radiografer dari masing-masing negara ASIA dan Australasia serta pertemuan ISRRT yang dihadiri oleh presiden Sciety Of Radiographer seluruh dunia. Fokus Pertemuan tersebut membahas tentang kebijakan dan arah perkembangan radiologi, diagnostik dan terapi dari berbagai belahan negara di dunia.

Peserta terlihat antusias memajukan pengetahuan tentang ilmu radiologi, imaging, fisika, fisiologi, anatomi, patologi, kimia dan ilmu komputer selama pengembangan profesional selama acara berlangsung. Dalam beberapa topik diskusi, disebutkan bahwa profesi Radiografer saat ini telah berevolusi ke berbagai spesialisasi seperti Sonographers,

Mammographers, MRI Specialis, Spesialis CT, ahli teknologi Nuclear Medicine, Teknik Informatika Pencitraan Medis, Tenaga kesehatan Spesialis Medis, dan lain-lain. Prestasi tersebut merupakan karya kolaboratif semua ahli radiografi dan radiologi yang percaya profesionalisme.

Kesimpulan yang dapat dipetik selama acara adalah Teknologi, kualitas, dan kuantitas merupakan kekuatan pendorong perbaikan industri kesehatan. Radiografer adalah ujung tombak dari kekuatan pendorong profesi ini kearah kemajuan.

Salam Bersama, Sejahtera, Mendunia

I Putu Adi Susanta S.Si

NIR. 51710111100083

Leave a Reply